Welcome to Notes of Notariza           Proudly presented by Kms. Rakhmat Notariza

Selasa, 07 September 2010

Perluasan Aturan Oktet

Setelah kemarin saya membahas penyempitan aturan oktet, sekarang saya ingin membahas penyimpangan aturan oktet lainnya. Yap! Hari ini saya akan membahas tentang perluasan aturan oktet.

Ciri-Ciri Perluasan Aturan Oktet
  1. Elektron pada atom pusat lebih dari delapan.
  2. Umumnya merupakan unsur-unsur yang termasuk periode 3 post-transisi.
  3. Contoh unsur yang mengalami perluasan aturan oktet yaitu S, P, dan Cl.

Contoh Perluasan Aturan Oktet

PCl
5
15P   : 2 8 5
17Cl : 2 8 7

Berikut ini adalah struktur Lewis PCl5.
Nah, dari struktur Lewis tersebut dapat kita lihat bahwa atom pusat (P) memiliki 10 buah elektron. Padahal, menurut aturan oktet, seharusnya atom dalam keadaan stabil (setelah berikatan dengan atom lain membentuk ikatan kovalen) hanya memiliki delapan elektron. Namun, karena kelima elektron valensi atom P masing-masing harus berikatan dengan satu elektron Cl, oleh karena itu jumlah elektron pada atom pusat P menjadi 10 buah elektron. Inilah salah satu contoh perluasan aturan oktet.

Sekian. Semoga bermanfaat!

2 komentar:

  1. oyaayaaa... tau tau... info ttg kimianya yg bnyak lagii yaaa.... kku mau rutin cek blogmuu nich!! :D

    BalasHapus
  2. Maaf baru saya tanggapi commentny.
    Ya, sebisa mungkin saya akan brusaha untuk terus meng-update blog ini.
    Thanks udah mau baca.

    BalasHapus

Bagaimana komentar Anda? Silakan tulis di sini.