Welcome to Notes of Notariza           Proudly presented by Kms. Rakhmat Notariza

Rabu, 14 Juli 2010

Day 2: July 5, 2010

National Gathering of Astra Honda Motor Best Student 2010

Perjalanan berlanjut pada hari kedua, 5 Juli 2010. Kegiatan utama hari ini adalah mengunjungi Plant 3 PT Astra Honda Motor di Cikarang. PT Astra Honda Motor memiliki 3 buah pabrik (plant) di Indonesia dan plant 3 merupakan yang terbesar. Luasnya mencapai 30 hektar. Di pabrik ini, PT Astra Honda Motor memproduksi 3 tipe motor, yaitu Honda Vari0, BeAT, dan Scoopy. Artinya, plant 3 memang diproyeksikan untuk memproduksi scooter matic Honda.

Pukul 06.30, rombongan berangkat. Total ada 3 bus. Perjalanan ditempuh selama 1 jam lebih dari Kelapa Gading menuju Kawasan Industri, Cikarang. Acara pertama adalah pembukaan Gathering Nasional AHM Best Student 2010 oleh perwakilan direksi PT Astra Honda Motor Tbk. Setelah itu, barulah kami dipersilakan mengunjungi stand supplier komponen-komponen motor Honda. Stand yang saya kunjungi adalah stand supplier shockbreaker. Keren, cuy! Saya sempat melakukan tanya jawab dengan teknisinya tentang shockbreaker pada motor.














Acara selanjutnya adalah sesi product knowledge. Pada sesi ini, kami dipaparkan tentang spesifikasi dan fitur" pada tiap" tipe motor Honda. Beberapa teman saya tampak bosan dan mengantuk dengan acara ini, namun saya tetap enjoy dan berusaha untuk memperoleh pengetahuan baru dari sini.

Nah, kini saat yang dinantikan tiba. Rombongan diajak ke gedung pabrik motor Honda. Subhanallah! Ternyata pabriknya besar sekali. Ada gedung A, B, C, D, dan seterusnya. Masing-masing gedung mempunyai fungsi tertentu. Ada gedung pabrik yang berfungsi untuk memproduksi spare part. Ada pula yang berfungsi untuk painting. Sebagian besar pekerjaan di sini ternyata dilakukan oleh robot. Tidak hanya itu, saat proses assembling, semua komponen berhasil dirakit menjadi satu unit sepeda motor Honda hanya dalam durasi 20 detik. Artinya setiap 20 detik, satu unit sepeda motor Honda berhasil diproduksi. Keren!

Setelah keliling pabrik, kami beralih ke acara selanjutnya, yaitu Safety Riding Trainning. Di pabrik ini ternyata juga terdapat trek (*mirip trek balap motor) yang digunakan untuk pelatihan safety riding. And guess what? Motor yang paling diincar peserta untuk test ride ini adalah motor terbaru Honda, Honda Scoopy. Karena banyak yang ngabtri, saya pun mengurungkan niat untuk test ride. Lagian nanti juga bisa nyoba di Palembang kalo ada temen yang beli Scoopy. Saya pun lebih memilih untuk mencoba simulasi safety riding dengan media komputer. Yang satu ini lebih unik dan mungkin belum ada di Palembang. Simulasi ini menggunakan media komputer yang sudah di-setting sehingga stangnya kayak motor asli. Cara ngegas, ngerem, klakson, dan nyalain lampu rittingnya pun kayak naik motor asli. And you know what? Dari 8 aspek penilaian, saya mendapat 4 nilai A dan 4 nilai B. Hasil akhirnya adalah saya berkendara dengan BAIK (B).

Acara di siang hari masih berkaitan dengan safety riding trainning. Namun, kali ini lebih diajarkan teorinya. Saya juga sempat bertanya kepada orang Honda tentang day light on. Lumayan deh buat nambah pengetahuan tentang safety riding. Ini merupakan acara terakhir di plant 3. Selesai acara ini, kami pun kembali menuju hotel di kawasan Kelapa Gading, Jakarta.

Pada malam hari, acara cukup menyenangkan. Yap. Berhubung hotel tempat kami menginap tepat bersebelahan dengan Mal Kelapa Gading, jadi kami semua diajak ke mal tersebut. Tujuannya adalah 21. Awalnya, saya mengira mau diajak nonton Twilight Eclipse, tapi ternyata nonton Tanah Air Beta. Gak masalah deh lagian saya memang belum sempat menonton film ini sebelumnya. Selesai nonton, kami menuju Sari Kuring Resto untuk makan malam. Acara pun selesai untuk hari kedua.

That's all for the second day.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana komentar Anda? Silakan tulis di sini.