Welcome to Notes of Notariza           Proudly presented by Kms. Rakhmat Notariza

Rabu, 30 Juni 2010

Winning on Honda Best Student 2010

ALHAMDULILLAHIROBBIL'ALAMIN!

Fiuh! Lega sekali. Akhirnya, saya bisa meraih prestasi yang cukup membanggakan lagi. Yap! Hari ini saya menjadi JUARA I HONDA BEST STUDENT 2010.

Honda Best Student merupakan ajang pemilihan siswa teladan versi Honda. Event ini merupakan event tahunan sejak tahun 2003 lalu.

Saya dapet info tentang lomba ini saat hari" terakhir ujian semester lalu, sekitar tanggal 7 Juni 2010. Waktu itu, saya lihat ada pengumuman tentang lomba ini yang ditempel di mading sekolah samping UKS. Hal yang menarik bagi saya adalah ini merupakan ajang pemilihan siswa teladan serta juri juga menilai piagam" yang pernah diperoleh peserta. Langsung deh saya tertarik untuk ikut karena saya memang paling seneng ikut lomba pemilihan siswa teladan trus piagam di rumah lumayan banyak juga deh. So, why not??!

Di pengumuman itu ditulis: "Untuk informasi lebih lanjut, hubungi pembina KIR". What??? KIR??? The problem was saya BUKAN anak KIR. Meanwhile, pembina KIR adalah Bu Widya Grantina. Beliau adalah guru saya di Tim Olimpiade Kimia SMAN17. Meskipun awalnya saya ragu, tapi begitu ujian selesai tangggal 9 Juni 2010, langsung deh saya mencari beliau.

I looked for her in her room, Room 25. But, I found nobody there. Then, saya mencari beliau di ruang rapat and I got her there. Belum sempat saya berbicara, beliau udah nanya (kek biasa pake' bahasa gaul), "Eh, lo mau ikut Honda Best Student itu ya? Kumpulinlah piagam" sama setifikat lo. Ntar baru kita buat karya tulisnya." Haha! Gokil! Ternyata, meskipun saya bukan anak KIR, SAYA BOLEH IKUT !

Oke, selama hampir seminggu saya berjibaku mengerjakan penelitian untuk menghasilkan karya tulis bertemakan safety riding. Judul karya tulis saya adalah Penerapan UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 107 Ayat (2) oleh Pengendara Sepeda Motor di Kota Palembang. Untuk dapetin datany, saya harus membagikan kuisioner kepada 100 orang pengendara sepeda motor di Kota Palembang secara acak (random sampling) di 5 titik SPBU di Kota Palembang. Yap, they're the sample of my research.

Penelitian dimulai pada 14 Juni 2010 hingga 16 Juni 2010. Saya ditemani oleh sahabat saya, Adam D. Kuntorojati (*hha thanks, Dam!) menyebarkan kuisioner di 5 SPBU. SPBU yang kami jajal adalah SPBU Jl. Basuki Rahmat, Jl. Kol. H. Burlian, Jl. Demang Lebar Daun, Jl. Jend. Sudirman Km. 3,5, dan SPBU Jl. Merdeka. Sempet kesulitan juga soalnya gak semua pengendara sepeda motor bersedia mengisi kuisioner saya. Alasannya: lagi buru-buru! But, finally, the research could be finished on time. Yeah!

Satu minggu libur selepas ujian semester saya habiskan untuk mengerjakan karya tulis ini. Rapor dan semua piagam serta serfikat yang saya peroleh sudah saya fotocopy untuk berkas lomba ini. Namun, hingga rapor dibagikan pada 26 Juni 2010 pagi, belum ada kabar lagi tentang lomba ini.

Pukul 12.30 WIB, handphone saya berdering. Kali ini Ma'am Wid nelfon. Guess what? KARYA TULIS SAYA LULUS KE SELEKSI TAHAP II. Saya pun disuruh datang ke sekolah segera untuk latihan presentasi. Harus hari itu juga karena keesokan harinya beliau akan berangkat ke luar kota. Kek biasa, ocehan dan kritik yang lumayan pedas keluar dari mulut beliau. But, NO PROBLEM! Semua saran dan kritik beliau memang bermanfaat kok. So, I just listened, tried to understand what she suggested, and then do it. Latihan pun selesai pukul 20.00 WIB dan saya pulang ke rumah dengan ojek dan angkot Perum.

Senin, 28 Juni 2010, saya ditelepon oleh Astra Honda Plaju. Melalui telepon, saya dijelakan tentang mekasnisme lombanya. Tak lupa saya mencatat nomor contact person-nya agar bisa dihubungi kemudian.

Selasa, 29 Juni 2010, seharian saya dan Adam berlatih presentasi di Ruang 12 SMAN 17. We hoped everythings would be going well on the next day.

Hari ini, Rabu, 30 Juni 2010, lomba pun dimulai. Kegiatan pertama adalah presentasi sekilas tentang Astra. Lanjut ke acara keliling pabrik, kantor, dan showroom Astra Honda Plaju. Next, acara diskusi tentang motor. Baru deh berikutnya acara presentasi karya tulis dari masing-masing peseta. Presentasinya tertutup, cuma peserta yang boleh masuk. Guru dan peserta lain dilarang masuk ruang presentasi.

Saya sendiri mendapat nomor tampil ketiga. Bismillah deh pas masuk! Presentasinya dijatah maksimal 10 menit, saya sendiri cuma menghabiskan 7 menit (*mau cari aman biar gak dikurangin nilainya kalo kelamaan). Dewan juri yang terhormat pun memberikan 4 buah pertanyaan dan alhamdulillah semua pertanyaan bisa saya jawab dengan lancar. Bahkan ketua jurinya bilang bahwa presentasi saya sudah sangat baik.

Sekitar pukul 2 siang, pemenang pun diumumkan. ALHAMDULILLAH saya berhasil meraih JUARA I. Hadiahnya UANG TUNAI (*gak tau jumlahya, sampe' sekarang aja saya belum buka amplopnya hhe) dan LIBURAN KE JAKARTA pada 4-8 Juli 2010 nanti. Soal berangkatnya nanti, pihak Honda akan menghubungi saya lebih lanjut.

Well, hasil ini cukup melegakan bagi saya. Yap! Inilah adalah kali pertama bagi saya menjadi juara I perlombaan yang diadakan di luar sekolah selama SMA. Penantian sejak setahun masuk SMA pun terbayar sudah. Senang rasanya bisa mengharumkan nama sekolah, SMA PLUS NEGERI 17 PALEMBANG.

Semoga saya dapat meraih hasil yang lebih baik lagi dalam berbagai perlombaan lainnya. Amien!

Nice Result, Riza! Road to Lomba Siswa Berprestasi Tingkat Kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan Kategori SMA Putra Tahun 2011: "Keep spirit, keep tough, struggle hard, bismillah!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana komentar Anda? Silakan tulis di sini.